Selasa, 12 Agustus 2014

Menjaga Ikatan Baik Menghasilkan Kedamaian



Jaga Ikatan Baikmu

Alasan mengapa saya membahas topik ini karena teringat akan kesalahan saya yang menyebabkan hubungan menjadi kurang baik, kesalahan saya karena tidak dapat mengontrol hati ,tidak dapat berfikir panjang diakibatkan nafsu amarah memaksa keluar dari gerbang yang menyegelnya. Saya tidak lebih dalam membahas tentang pengalaman yang pernah saya alami karena akan menghabiskan banyak waktu.Yap, kali ini topik tentang jaga ikatan baik yang kita miliki.
Semua orang pasti pernah mengalami suatu ikatan yang menjadi renggang bahkan tak sedikit menjadi terputus, yang membuat rasa persaudaraan,persahabatan dan rasa baik lainnya berubah menjadi suatu kebencian ataupun penyesalan,menjadi benci manakala diri kita yang tersakiti,mempunyai rasa sesal disaat kita yang menyakiti, jadi bila tidak tersakiti pasti menyakiti hal ini selalu berdampingan ,bisa ada dalam kesengajaan ataupun mengalir begitu saja tanpa kita sadari. Nah jika sudah terlanjur mempunyai hubungan yang tidak harmonis, kita sendiri yang mendapat imbasnya rasa yang mengganjal menyesak didada akan bergentayangan, dan terkadang akan sulit untuk memperbaikinya.tidak enak lo, jika terus terusan ada yang mengganjal menyesak di dada ! kita bisa terus kepikiran akan hal itu ! Amarah atau ketakutan mau tidak mau diantara salah satunya akan melanda. Bagi orang yang menjadi korban  maka amarah yang menyerang dan bagi pelaku, penyesalan didampingi  ketakutan yang akan datang .Naudzubillah , hati hati jangan sampai rasa itu terus ada dalam hati kita karena hal paling buruk bisa saja terjadi. Dalam berita di jaman sekarang banyak terjadi pembunuhan yang diakibatkan dari perselisihan antar saudara ataupun antar sahabat. Sekali lagi naudzubillah , jika suatu ikatan yang terputus , akan mengakibatkan hubungan menjadi tidak harmonis dan kita sendiri yang mendapat imbasnya .

Sangat penting menjaga ikatan baik yang kita milki, kita harus menjauhkan atau menghindari karat karat yang akan mengkontaminasi ikatan kita. karat karat ini adalah dengki,hasud,iri,sombong,fitnah,dkk. Jika karat telah mengkontaminasi maka harus segera di bersihkan jika tidak mau hal buruk terjadi ! bagi yang mendapat peran sebagai orang yang tersakiti jangan biarkan amarah sampai tinggal di hati kita mohon pertolonganlah ke pada Alloh SWT agar menguatkan hati kita dan maafkanlah orang yang telah menyakiti kita, meski orang yang meyakiti tidak meminta maaf , Alloh yang akan menolong orang pemaaf. Dan bila peran yang kita dapatkan sebagai antagonis (orang yang menyakiti) maka segera mohon ampun ke pada Alloh SWT agar di lunakkan hati kita untuk dapat meminta maaf ke pada orang yang telah kita dzolimi /*biasanya di karenakan malu atau gengsi jika orang yang sudah menyakiti maka akan sulit untuk minta maaf meskipun dia mau meminta maaf */.
Nah sekarang sudah paham betapa pentingnya menjaga suatu ikatan, Ikatan lebih berharga dari intan berlian. Ikatan baik menghasilkan kedamaian, ikatan rusak menghasilkan perselisihan(selisih dalam hati atupun langsung dengan orang).Oke dicukupkan sekian dulu , dikarena pengetahuan yang sangat terbatas saya mohon maaf . Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar